Mengantarkan anak negeri mengukir prestasi...

Selasa, 15 Juni 2010

UPACARA PELEPASAN KELAS XII 2009/2010

Hari Senin tanggal 14 Juni yang lalu diadakan upacara pelepasan siswa kelas XII tahun ini. Paserta upacara kali ini lengkap, ada kelas X, kelas XI dan XII. Pengumuman pelaksanaan upacara telah diberikan pada hari Jum'at, waktu siswa kelas X dan XI melaksanakan UUKK. Diumumkan bahwa hari senin siswa masuk seperti biasa untuk mengikuti upacara pelepasan kelas XII. Maka hari senin sesuai jadwal seluruh peserta upacara telah siap.

Kompi guru dan karyawan bertambah satu, yaitu beliau Bapak Wakil Dewan Komite SMAN Kerjo yang mewakili Bapak Aris sebagai Ketua Komite yang berhalangan hadir.

Kompi X telah siap, kompi XI dan kompi XII juga telah siap.

Petugas upacara terdiri dari :
Bapak Kepala Sekolah sebagai Pembina Upacara
Bapak Wakil Dewan Komite sebagai wakil orangtua yang menerima kembali siswa kelas XII
Bapak Warsito sebagai Ketua Pelaksana UAN/UAS yang melaporkan hasilnya
Nurul (XI IPA) sebagai pembaca tanggapan perpisahan mewakili kelas XI dan XI
Roy Sugeng Riyadhi (XII IPA) sebagai pembaca perpisahan mewakili kelas XI
Fitriya Ayu (XII IPA) sebagai petugas yang menyerahkan bingkisan dari kelas XII kepada sekolah
Paksi MEi Penggalih dan Yuniardi (XII IPA) sebagai wakil siswa XII yang dilepaskan
Kunfayanatari (XI IPA) sebagai pembawa acara
Bapak Sidiq sebagai pembaca doa
Ismanto sebagai Pemimpin upacara
Nungky Suryo (Ketua OSIS) sebagai petugas yang melaporkan kesiapan upacara kepada pembina upacara
Serta 2 petugas yang membawa hadiah untuk siswa berprestasi terbaik dalam UAN/UAS.

Upacara dimulai dengan masuknya pemimpin upacara menyiapkan barisan.
Kemudian Pembina Upacara memasuki lapangan upacara, yang sebelumnya telah dijemput oleh Nungky Suryo. Cara jalan Ketua OSIS kita ini agak lucu, sehingga banyak peserta upacara yang tersenyum. Aku pernah mendengar bahwa cara jalan tegap dalam berbaris memang agak seperti itu, tetapi tidak terlalu kaku. Semoga bisa diperbaiki.
Setelah bapak kepala menempati podium pembina upacara, maka acara selanjutnya adalah penghormatan kepada sang saka.
Upacara kali ini sang saka tidak dinaikkan petugas pengibar bendera, akan tetapi sudah siap dan berkibar untuk diberi penghormatan.
Acara dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Pelaksana UAN/UAS tahun ini. Bapak Warsito,S.Pd melaporkan bahwa UAN/UAS telah terlaksana dengan baik, terdapat 7 siswa IPA dan 41 siswa IPS yang mengulang dan terpaksa masih ada 1 siswa IPS yang belum berhasil lulus tahun ini.
Siswa berprestasi terbaik IPA adalah :
1. Paksi Mei Penggalih
2. Dewi Kurniawati
3. Resmininhsih
Sedang siswa berprestasi terbaik IPS adalah :
1. Purwo Wibowo
2. Rarash Panji Prastiko, dan
3. Nasirudin
Setelah Bapak Warsito melaporkan hasil UAN/UAS acara selanjutnya adalah Pelepasan siswa kelas XII secara simbolis oleh Bapak Kepala Sekolah. Siswa kelas XII diwakili oleh Yuniardi Dwi Saputro dan Paksi Mei Penggalih. Pelepasan badge dan Lokasi yang selama ini menghias seragam mereka dilakukan sebagai simbol pelepasan atas kelulusan mereka. Mereka diserahkan kembali kepada orangtua murid yang diwakili bapak Wakil Ketua Komite.
Acara kemudian dilanjutka dengan sambutan dari Bapak Kepala Sekolah. Beliau mengucapkan selamat atas keberhasilan dan kelulusan siswa kelas XII. Semoga bisa menjadi bekal untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Akan tetapi Beliau juga bertanya langung, kira-kira yag akan melanjutkan berapa? Terlihat ada sepuluhan anak yang mengacungkan jarinya, ya semoga tidak hanya itu.. Beliau berharap semua melanjutkan ke jenjang pedidikan tinggi, dan bila telah berkliah harap memberi informasi ke SMANKerjo, untuk bisa menjadi informasi bagi sekolah, bagi lingkungan juga untuk adik kelas. Kepada kelas X dan XI beliau berpesan untuk lebih giat belajar dan mempersiapkan segala sesuatu, karena semakin tahun aturan kelulusan semakin ketat, semakin sulit.
Kemudian acara dilanjutkan dengan Pamitan oleh wakil kelas XII, diwakili oleh mas Roy Sugeng Riyadi. Dengan lancar dan khidmat mas Roy menyampaikan kata pamitan.
Kata pamitannya kemudian dijawab dengan ucapan selamat jalan oleh wakil kelas X dan XI yang diwakili oleh Nurul. Dilaksanakan dengan baik dan khidmat pula.
Kemudian dilakukan pemberian penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi terbaik. Hadiah untuk siswa berprestasi IPA disampaikan oleh Bapak Kepala Sekolah dan untuk siswa berprestasi IPS oleh Bapak Wakil Ketua Komite, yang kemudian memberikan sambutannya.
Bapak Wakil Ketua Komite menmpaikan selamat kepada putra-putrinya yang telah lulus, kemudian menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Guru dan karyawan yang telah memberan pendidikan dan layanan selama siswa di SMANKerjo. Bapak Wakil Ketua Komite juga mengarapkan siswa-siswi ang berhasil lulus untuk bisa melanjutkan ke janjang pendidikan yang lebih tinggi. Beliau juga meyampaikan satu kekecewaan bila ada siswa-siswi dengan seragam SMA yang naik sepeda motor berdua-duaan, semoga saja bukan siswa SMANKerjo.
Acara upacara kemudian diakhiri dengan penghormatan umum. Semoga hasil kelulusan tahun ini bisa menjadi cataan prestasi bagi SMANKerjo, bisa menjadi bahan evaluasi bagi semua pihak, bisa menjadi tolok ukur untuk langkah selanjutnya, semoga ditahun yang akan datang bisa lebih baik dan meningkat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar