Mengantarkan anak negeri mengukir prestasi...

Kamis, 05 Mei 2011

HARDIKNAS 2011

Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, 2 Mei 2011 jatuh pada hari Senin.
Senin pagi nan suram diiringi rintik hujan kecil mengawali Upacara Peringatan Hardiknas tahun ini. dengan jadwal jam 07.00 harus sudah siap di sekolah, maka pagi ini Bapak Kepala, Bapak/Ibu Guru Karyawan dan anak-anak kelas X dan XI telah siap di sekolah.
Bapak/Ibu Wali Kelas segera turun ke lapangan upacara SMANKer dengan ngasta daftar absen siswa dan 2 bungkus permen. Beliau melakukan absen siswa, mengatur siswa-siswanya dan memberi bekal beberapa buah permen per siswa.
Tepat 7.15 pasukan bergerak menuju Lapangan Kecamatan Kerjo yang terletak di sebelah SMP Negeri 1 Kerjo. Siswa mengenakan seragam putih abu-abu, lengkap dengan topi, kaos kaki putih ikat pinggang dan sepatu hitam. Untuk siswi yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih, seragam tersebut telah sesuai dengan ketentuan sekolah.
Sedangkan Bapak/Ibu Guru Karyawan mengenakan seragam Korpri, dengan bawahan gelap dan rok untuk Ibu Guru/Karyawati. Ketentuan penggunaan rok yang dicanangkan mulai bulan Mei tahun ini telah disambut dan dilaksanakan dengan baik. Walau satu dua Ibu Guru/Karyawati ada yang belum mengenakan.
Masing-masing kelas dibimbing Wali Kelas, dan Bapak/Ibu Guru Karyawan yang lain membentuk barisan di belakang siswa. Tetapi karena rintik hujan masih setia menemani, maka beberapa Bapak/Ibu Guru Karyawan memilih untuk menaiki kendaraan untuk menuju Lapangan Kecamatan.
Sesampai di Lapangan Kecamatan, pasukan siswa langsung masuk ke lapangan dan membentuk barisan di depan tiang bendera ujung kiri.
Bapak/IBu Guru/Karyawan menunggu di luar lapangan, hingga kelas terakhir memasuki lapangan. Beriringan dengan masuknya siswa SMANKer ke tempat upacara, maka pasukan drumband dari beberapa SD juga memasuki lapangan. Aksi mereka cukup memukau. Seperti tahun yang lalu, beberapa SD berkesempatan mementaskan kebolehan mereka dalam drumband. Tahun ini ada 4 SD yang tampil, diantaranya SD Tamansari, SD Kuto 5 dan SD Kuto 1.
SD Tamansari dan SD Kuto 5 telah selesai pentas dan meninggalkan lapangan upacara, sedangakan SD Kuto 1 tetap tinggal karena ternyata untuk tahun ini SD Kuto 1 mengiringi lagu Kebangsaan dan Mengheningkan Cipta.
Setelah pentas drumband selesai, upacara segera dimulai. Diawali dengan pengumuman lomba PBB, yang berhasil meraih juara diantaranya SD Kuto 2, SD Tamansari dan SD Karangrejo 4.
Peserta upacara seperti biasa, di belakang tiang bendera, didirikan tenda untuk tempat duduk Perangkat Kecamatan, Perangkat Desa se Kecamatan Kerjo dan tamu undangan. Agak ke kiri berdiri pasukan paduan suara SMP Negeri 2 Kerjo.
Sebelah kanan tiang bendera berdiri pasukan pramuka, kali ini tidak ada pasukan pencak silat seperti bila upacara Hari Kemerdekaan.
Di depan ting bendera berturut-turut dari kanan adalah pasukan SD dengan seragam putih merah, pasukan SMP dengan seragam putih biru dan pasukan SMA dengan seragam putih abu-abu.
Sedangakan di kiri tiang bendera berdiri ibu guru dengan seragam IGTK, bapak guru dengan seragam Korpri, sebelahnya Ibu guru dengan seragam Korpri (termasuk bu Anin), lalu ibu guru dengan seragam PGRI, terakhir pasukan drumband dari SD Kuto 1 yang mengiringi lagu selama upacara.
Setelah pasukan siap, acara pertama dimulai.
Pemimpin barisan memasuki lapangan upacara.
Pemimpin barisan adalah para bapak guru, mengenakan seragam Korpri. Yang bertugas di kompi Bapak/Ibu guru petugasnya agak gugup.
Kemudian Pemimpin upacara memasuki lapangan. Pemimpin barisan menuju ujung barisan masing-masing tanpa melapor. Diikuti penghormatan kepada pemimpin upacara.
Selanjutnya Pembina Upacara (Bapak Camat) memasuki lapangan. Penghormatan, Laporan.
Pasukan Pengibar bendera seperti biasa adalah siswa-siswi SMANKerjo. Tetapi hanya berjumlah 8. Terdiri dari 6 putra dan 2 putri. Telah berjalan memasuki lapangan. Tegap, lancar dan pengibaran benderanya tidak terlalu lama terpautnya dengan selesainya lagu, terlambat 2 detik saja.
Drumband SD Kuto 1 yang jumlah penabuhnya banyak ternyata cukup bagus dibanding pasukan drumband SMPN 1 tahun lalu pada saat mengiringi Paskibra Hari Kemerdekaan.
Ritmenya tidak tergesa, juga minim kesalahan. Sehingga Paskibra juga tidak kewalahan menyesuaikan lagu dengan gerakan saat menaikkan bendera. Hanya saja bendera tetap melilit di bagian atas, sehingga bendera tidak berkibar dengan megah. Ini harus jadi PR untuk pembina paskibra agar tahun dan even selanjutnya, bendera bisa berkibar dengan sempurna.
Mengheningkan cipta iringannya juga bagus. Walau simbal awalnya kurang banyak, sehingga kurang keras.
Pembacaan UUD bagus, hanya mengapa tidak pakai seragam Korpri seperti yang lain?
Pembacaan Pancasila lancar.
Pembacaan Sambutan Bapak Muhammad Nuh (Menteri Pendidikan) dibacakan oleh Bapak Camat, semoga pesan di dalamnya mampu kita realisasikan demi terciptanya generasi mendatang yang mumpuni.
Selanjutnya menyanyikan Lagu Nasional oleh paduan suara, lagunya Satu Nusa dan Syukur. Kali ini diiringi dengan organ yang cukup memikat, agak nge-pop juga sih, nyampur sari sedikit, tapi cukup bersemangat dan bagus, lancar. Anak-anak menyanyinya juga keras. Alangkah baiknya bila semua peserta upacara ikut menyanyi dan tidak hanya menyaksikan.
Upacara selesai, diakhiri dengan pembacaan doa, lalu laporan dan pembubaran pasukan. Sebelumnya diumumkan kembali pemenang beberapa lomba..
Semoga pendidikan yang kita selenggarakan benar-benar mampu menciptakan generasi baru yang cerdas dan kreatif tetapi tetap berbudi pekerti luhur. Mencetak siswa berbudi pekerti luhur inilah yang akhir-akhir ini berat disandang para guru. Demikian banyak kontaminasi yang mengotori pikiran siswa, mempengaruhi tingkah laku dan perbuatannya..
Kita diwajibkan mendidik anak dan siswa sesuai jamannya, sehingga kita memang harus berjuang melawan segala bentuk kontaminasi yang ada, bisa juga mempelajarinya, kemudian melakukan analisis SWOT dengan tepat agar kita mampu meraih keberhasilan maksimal yang mungkin bisa kita peroleh..
Selamat hari pendidikan, semoga pendidikan Indonesia semakin penuh harapan!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar